Artikel

Unsur Larutan Padat Pada Air

Air adalah sumber kehidupan Untuk itu manfaat Air bagi kehidupan sangatlah penting .. Kenalilah unsur-unsur yang ada dalam air. banyak penyerapan air dalam tanah ataupun air yang ada diluar tanah, banyak pencemaran yang terjadi di jaman sekarang, banyak polutant yang kian hari semakin berakibat buruk pada unsur air yang sebenarnya alami, bersih, jernih, bahkan sehat untuk di konsumsi oleh manusia, karena adanya polutant-polutant yang terjadi di jaman sekarang ini para analisis air melakukan banyak sekali penyaringan atau yang biasa disebut dengan filtrasi pada air.

Unsur Larutan Padat Pada Air

Air murni atau air yang belum tercemar biasanya berukuran maksimum 3 ppm saja. Sementara itu menurut-menurut World Health Organization (WHO) air Layak minum tidak lebih dari 50 ppm. Departemen Kesehatan Pemerintah Kanada membatasi hingga 40 ppm. Part per million (ppm) merupakan gambaran dari zat terlarut atau sama dengan milligram per liter.
Sesuai Standar yang di keluarkan NSF (National Sanitation Foundation), air yang bersih dan murni memiliki TDS <40 ppm. TDS sendiri singkatan dari Total Dissolved Solids, yaitu jumlah atau kandungan unsur padat yang terlarut dalam air diantaranya seperti aluminium, besi, perak, seng, mangan dan garam.

TDS (Total Dissolved Solid) atau jumlah total larutan padat yang terkandung dalam air yang kita konsumsi. Setiap air minum selalu mengandung partikel yang terlarut yang tidak tampak oleh mata, bisa berupa partikel padatan (seperti kandungan logam misal : Besi, Aluminium, Tembaga, Mangan dll), maupun partikel non padatan seperti mikro organisma.

Salah satu cara untuk mengukur TDS adalah menggunakan alat yang disebut sebagai TDS meter. Alat ini bisa mengukur berapa jumlah padatan yang terlarut didalamnya dalam satuan ppm (mg/L) yang ditunjukkan berupa angka digital di displaynya. Cara kerja alat ini adalah dengan cara mencelupkan kedalam air yang akan diukur (kira-kira kedalaman 5cm) dan secara otomatis alat bekerja mengukur.

TDS air yang kita minum sebaiknya adalah dibawah dari 50ppm sesuai rekomendasi Departemen Kesehatan, dan yang terbaik adalah dibawah 10ppm. Sebab hal itu akan membantu meringankan fungsi kerja ginjal kita yang dimana ginjal kita akan minim serta ringan kerjanya dalam menyaring larutan padat tersebut.

Show More

Related Articles

Permintaan Penawaran

Segera lakukan permintaan penawaran sekarang juga untuk mendapatkan harga khusus!

Nama Anda (wajib)

Email (wajib)

Nomor handphone (wajib)

Pesan Anda / Produk yang diminta

[recaptcha]

Tinggalkan Balasan

Close
Close