Home / Artikel / Perairan Tanah Sawah

Perairan Tanah Sawah

Penyebaran aktivitas kegiatan usahatani yang merata sepanjang tahun bagi masyarakat tani di pedesaan penting untuk diupayakan. Semakin luas sawah yang dimiliki, semakin tinggi pula derajat di mata masyarakat. Dari pemahaman ini pula secara sosial menjadi ada jurang yang mengaga antara pemilik sawah dan buruh sawah. Namun secara ilmiah, sawah merupakan lahan atau tempat usaha pertanian yang memilik ciri-ciri permukaannya rata, dibatasi pematang dan tentu saja lahan tersebut bisa ditanami padi dan aneka palawija. salah satu sifat tanah sawah yang telah dipergunakan selama berulang kali pada akhirnya menyimpang dari ciri dan karakter tanah sebelumnya dan memperlihatkan strukturnya yang bisa dikatakan kedap air dikarenakan tanah sawah setiap ditanah selalu dibajak sehingga terjadi pemutaran tanah secara terus-menerus.

Perairan Tanah Sawah

Menurut Ponnamperuma dampak air tanah sawah yang tergenangi air akan menyebabkan kadar oksigen dalam tanah turun, selain itu juga menyebabkan terjadinya peruahan pH tanah, perubahan pH ini terjadi karena unsur besi dalam tanah yang tadinya mengandung Fe 3+ berubah menjadi Fe 2+. kemudian terjadi perubahan asam sulfat menjadi sulfit dan CO2 berubah menjadi gas methan, Tanah sawah juga mengikat unsur fospor menjadi feeo-fospat yang sangat bermanfaat untuk tanaman baik padi maupun palawija, akibat genangan air di tanah sawah juga akan terbentuk gas H2S yang bermanfaat untuk menyerap unsur hara tanaman serta mempercepat perkembangan akar tanaman.

Kebanyakan sawah digunakan untuk bercocok tanam padi. Untuk keperluan ini, sawah harus mampu menyangga genangan air karena padi memerlukan penggenangan pada periode tertentu dalam pertumbuhannya. Untuk mengairi sawah digunakan sistem irigasi dari mata air, sungai atau air hujan.
Lahan sawah memiliki multifungsi dalam bentuk mitigasi banjir, mengendalikan erosi dan sedimentasi, pendaur ulang sumberdaya air, mitigasi peningkatan suhu udara, penampung dan pendaur ulang sampah organik, mengurangi kadar nitrat air tanah, detoksifikasi kelebihan unsur hara dan residu pestisida, serta penambat karbon (Agus dan Irawan, 2004).
Berdasarkan pengairannya lahan sawah dibedakan atas berbagai macam salah satunya adalah Sawah Berpengairan (Irigasi) yaitu lahan sawah yang memperoleh pengairan dari sistem irigasi, baik yang bangunan penyadap dan jaringan-jaringannya diatur dan dikuasai dinas pengairan PU maupun dikelola sendiri oleh masyarakat.

  • Lahan sawah irigasi terdiri atas :
  • Lahan sawah irigasi teknis.
  • Lahan sawah irigasi setengah teknis
  • Lahan sawah irigasi sederhana.
  • Lahan sawah irigasi non PU

Sebagian besar wilayah lahan sawah irigasi telah dilakukan pertanaman dengan indeks pertanaman (IP) 200, yaitu di awal musim hujan 1 kali (panen Januari – April) dan akhir musim hujan 1 kali (panen Mei – Agustus). Sistem pertanaman dilakukan secara serentak, baik saat tanam maupun panen. Hal ini dilakukan agar memudahkan dalam pengaturan tata air, pendampingan oleh petugas lapangan dan memudahkan dalam mengendalikan hama-penyakit yang mungkin timbul.

Masalah yang masih dihadapi pada lahan sawah irigasi ini antara lain adalah sebagai berikut :

  • Intensitas pertanaman (IP) masih rendah,
  • Pada saat penyiapan lahan dan panen raya yang berlangsung serentak mengalami kekurangan tenaga kerja dan sulit memperoleh saprodi,
  • Penggunaan alat mesin pertanian (traktor, RMU, box drier), tenaga kerja maupun infrastruktur tidak efektif, karena dalam 1 tahun hanya digunakan ± 3 bulan saat tanam dan panen,
  • Harga jual gabah merosot saat panen raya dan penyediaan benih sangat kurang saat tanam serentak, dan
  • Sistem tunda jual hasil padi tidak memberikan nilai tambah yang layak dan bahkan membutuhkan biaya tambahan, karena pemerintah menetapkan harga dasar sebagai penyangga sehingga harga gabah relatif sama.

Eiit .. Tunggu dulu !! Baca Juga ...

Upaya Penanggulangan Pencemaran Pestisida

Bagaimana cara untuk meningkatkan produksi pertanian disamping juga menjaga keseimbangan lingkungan agar tidak terjadi pencemaran ...

Tinggalkan Balasan

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.