Home / Artikel / Parameter Air Limbah BOD dan COD

Parameter Air Limbah BOD dan COD

Air merupakan sumber yang penting bagi kehidupan manusia, Namun banyak dijumpai perairan alami seperti sungai dan danau dijadikan tempat pembuangan sampah sehingga mengakibatkan air menjadi keruh oleh limbah, tinja, logam berat, pestisida dan sebagainya. Oleh karena itu diperlukan uji kadar air untuk mengetahui kualitas pada air itu sendiri. Parameter pada kualitas air itu sendiri banyak diantaranya adalah parameter air limbah BOD dan COD.

Parameter Air Limbah BOD dan COD

Air Limbah
Air Limbah

Ada 3 sifat fisik limbah cair meliputi bau, warna, kekeruhan dan jumlah padatan terlarut. Adapun Karakter kimia air limbah meliputi :

  • Biochemical Oksigen Demand (BOD) atau dalam alat pengukur indonesia yang banyak disebut Kebutuhan Oksigen Biologis (KOB) adalah jumlah oksigen terlarut yang dibutuhkan oleh organisme hidup untuk memecah atau mengoksidasi bahan-bahan buangan didalam air. Jika konsumsi oksigen tinggi yang ditunjukkan dengan semakin kecilnya sisa oksigen terlarut, berarti kandungan polutannya organiknya tinggi. ( Kutip Wikipedia ) – BOD Atau KOB adalah analisis empiris untuk mengukur proses-proses biologis (khususnya aktivitas mikroorganisme yang berlangsung di dalam air. Nilai KOB merupakan suatu pendekatan umum yang menunjukkan jumlah oksigen yang dibutuhkan oleh mikroorganisme untuk menguraikan zat organik terlarut dan sebagian zat-zat organik yang tersuspensi di dalam air. Di dalam pemantauan kualitas air, KOB merupakan salah satu parameter yang digunakan untuk mengukur tingkat pencemaran air.
  • Chemical Oksigen Demand (COD ) adalah jumlah oksigen yang dibutuhkan untuk mengoksidasi bahan-bahan organik yang terdapat dalam air, secara kimia. Atau kebutuhan oksigen kimia untuk reaksi oksidasi terhadap bahan buangan di dalam air.
Melalui kedua cara tersebut diatas dapat ditentukan tingkat pencemaran air lingkungan. Perbedaan dari kedua cara uji oksigen yang terlarut di dalam air tersebut secara garis besar adalah sebagai berikut ini. Chemical Oxygen Demand (COD) adalah kapasitas air untuk menggunakan oksigen selama peruraian senyawa organik terlarut dan mengoksidasi senyawa anorganik seperti amonia dan nitrit. biological (biochemical) oxygen demand adalah kuantitas oksigen yang diperlukan oleh mikroorganisme aerob dalam menguraikan senyawa organik terlarut. jika BOD tinggi maka dissolved oxygen (DO) menurun karena oksigen yang terlarut tersebut digunakan oleh bakteri. akibatnya ikan dan organisme air hubungan keduanya adalah sama-sama untuk menentukan kualitas air, tapi BOD lebih cenderung ke arah cemaran organik. Dalam proses penanganan air limbah biologis dengan sistem aerobik, oksigen menjadi penting untuk penurunan kadar BOD dan COD yang efektif.
  • Senyawa Organik dan Anorganik Senyawa organik terdiri dari karbon dengan unsur O, N, P, S, H. Sedangkan senyawa anoranik terdiri atas unsur lain yang bukan tersusun dari karbon organik. Unsur-unsur yang terdapat dalam jumlah banyak akan bersifat toksik dan menghalangi proses-proses biologis.
  • Keasaman Air (pH). Keasaman air diukur dengan pH meter. Keasaman ditetapkan berdasarkan tinggi rendahnya konsentrasi ion hidrogen dalam air. Limbah cair yang mempunyai pH tinggi atau rendah dapat mempengaruhi organisme dalam air. Air yang mempunyai pH rendah (pH<7) membuat air menjadi korosif terhadap bahan konstruksi besi yang kontak dengan air. Limbah cair dengan keasaman tinggi bersumber dari buangan yang mengandung asam seperti air pembilas pada pabrik kawat atau seng.
  • Alkalinitas (basa) nilai pH tinggi, ph>7 Tinggi rendahnya alkalinitas ditentukan senyawa karbonat, garam-garam hidroksida, kalsium, magnesium, natrium dalam air. Kesadahan dalam air disebabkan oleh tingginya kandungan zat-zat tersebut. Semakin tinggi kesadahan suatu air semakin sulit air berbuih.
  • Oksigen Terlarut atau yang dimaksud Dissolved Oksigen (DO) berlawanan dengan BOD, semakin tinggi BOD semakin rendah oksigen terlarut. Kemampuan air untuk mengadakan pemulihan secara alami benyak tergantung pada tersedianya oksigen terlarut.

Anda dapat mengetahui kualitas air dengan paramater karakteristik kimia seperti diatas bisa anda dapatkan di indo-digital.com yang merupakan penyedia alat ukur dan uji terlengkap di Indonesia. Konsultasikan terebih dahulu sebelum melakukan pembelian.

*Sumber Artikel: Wikipedia

*Sumber gambar : inweh.unu.edu

Eiit .. Tunggu dulu !! Baca Juga ...

Dampak Pestisida terhadap Lingkungan

Dampak Pestisida terhadap Lingkungan Residu pestisida yang larut terangkut bersama-sama butiran air keluar dari tanah ...

Tinggalkan Balasan

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.