Artikel

Ideal Penyiraman Tanaman

Layaknya manusia, tanaman juga butuh makanan dan perawatan agar tumbuh berkembang berbuah dan bertunas sesuai keinginan. Gizi yang cukup tentunya menjadi faktor pertama apakah tanaman anda terkena busung lapar lalu layu dan akhirnya mati atau tanaman anda berhasil tumbuh subur hijau.

Ideal Penyiraman Tanaman

Menyiram tanaman merupakan salah satu bagian merawat tanaman agar tetap tumbuh dengan baik. Namun, rupanya menyiram tanaman pun tidak bisa sembarangan. Ada baiknya mencari tahu karakteristik dan kebutuhan tanaman tersebut. Anda bisa mendapatkan informasi dari keterangan yang menyertai tanaman tersebut, pembungkus bibit, atau bertanya langsung pada sang penjual tanaman atau bibit tanaman. Pastikan mengetahui lingkungan, media tanam, dan cara perawatan yang ideal bagi tanaman tersebut.

mengecek kondisi tanahnya. Rasakan tanah tersebut di tangan Anda. Perhatikan karakteristik tanah sedalam 2,5 sentimeter pertama. Jika tanah terasa kering dan Anda sudah mengetahui sebelumnya bahwa tanaman tersebut membutuhkan penyiraman yang sedang (tidak terlalu sering, namun juga tidak terlalu jarang).

Mengetahui cara menyiram yang tepat dapat berperan dalam menjaga kesehatan tanaman. Cobalah menyiram tanaman Anda pada pagi hari, tepat ketika akar tanaman lebih mampu menyerap nutrisi dari tanah.

Tanaman menjadi lebih mampu menghadapi panas matahari setelahnya. Namun, jika Anda hanya bisa menyiram tanaman pada sore hari, pastikan tanaman tersebut sudah kering sebelum malam agar tetap sehat. Ketika cuaca sedang panas maupun berangin, pelepasan air oleh tanaman sebagai mekanisme untuk hidup akan lebih cepat. Proses penguapan atau evaporasi yang hilang ini bisa 60 persen lebih tinggi di siang hari. Sehingga, langkah terbaik untuk menyiram tanaman adalah di saat cuaca sedang bersahabat, terutama di pagi hari. Guna meminimalkan hilangnya air oleh penguapan.

Sebagai catatan saja, tanaman akan kehilangan air melalui proses penguapan dan transpirasi. Transpirasi adalah bagaimana tanaman bernapas dan merupakan bagian alami dari kehidupan tanaman. Untuk mengurangi kehilangan air akibat penguapan dan transpirasi, jangan menyiram tanaman antara pukul 10-18. Karena periode tersebut menjadi waktu penguapan dan transpirasi tertinggi. Waktu terbaik untuk menyiram adalah pukul 5-9. Di waktu tersebut penguapan dan transpirasi berada pada posisi terendah. Dengan menyiram di pagi hari, tanaman akan mengalami periode penguapan dan transpirasi terendah dan tentu saja akan menghemat air. Sementara itu, menyiram tanaman di malam hari sangat tidak disarankan. Anda mungkin pernah mendengar bahwa menyiram di malam hari menjadi waktu yang baik. Namun ini pemahaman yang keliru. Menyiram saat periode berangin juga sia-sia. Hindari pula menyiram saat sedang berangin.

Diambil dari berbagai Sumber

Show More

Related Articles

Permintaan Penawaran

Segera lakukan permintaan penawaran sekarang juga untuk mendapatkan harga khusus!

Nama Anda (wajib)

Email (wajib)

Nomor handphone (wajib)

Pesan Anda / Produk yang diminta

[recaptcha]

Tinggalkan Balasan

Close
Close