Home / Artikel / Definisi Pestisida

Definisi Pestisida

Definisi Pestisida

Pestisida adalah bahan kimia yang digunaan untuk mengendalikan perkembangan / pertumbuhan dari hama, penyakit dan gulma. tanpa menggunakan pestisida akan terjadi penurunan hasil pertanian. Pestisida secara umum digolongkan kepada jenis organisme yang akan dikendalikan populasinya. Insektisida, herbisida, fungsida dan nematosida digunakan untuk mengendalikan hama, gulma, jamur tanaman yang patogen dan nematoda.

Jenis pestisida yang lain digunakan untuk mengendalikan hama dari tikus dan siput. Berdasarkan ketahanannya dilingkungan, maka pestisida dapat dikelompokkan atas dua golongan yaitu yang resisten. Pestisida yang termasuk organochlorines termasuk pestisida yang resisten pada lingkungan dan meninggalkan residu yang terlalu lama dan dapat terakumulasi dalam jaringan melalui rantai makanan, contohnya DDT, Cyclodienes, Hexachlorocyclohexane (HCH), endrin. Pestisida kelompok organofosfat adalah pestisida yang mempunyai pengaruh yang efektif sesat saja dan cepat terdegradasi ditanah, contohnya Disulfoton, Parathion, Diazinon, Azodrin, Gophacide, dan lain-lain.

Dalam bidang pertanian pestisida merupakan sarana untuk membunuh jasad pengganggu tanaman. Dalam konsep pengendalian hama terpadu, pestisida berperan sebagai salah satu komponen pengendalian, yang mana harus sejalan dengan komponen pengendalian hayati, efesien untuk mengendalikan hama tertentu mudah terurai dan aman bagi lingkungan sekitarnya.
Penerapan usaha intensifikasi pertanian yang menerapkan berbagai teknologi, seperti penggunaan pupuk, varietas unggul, perbaikan pengairan, pola tanam serta usaha pembukaan lahan baru akan membawa perubahan pada ekosistem yang sering kali diikuti dengan timbulnya masalah serangan jasad penganggu selain menggunakan pestisida kadang-kadang memrlukan waktu, biaya dan tenaga yang besar dan hanya dapat dilakukan pada kondisi tertentu.

Cara penanggulangan Pestisida

Eiit .. Tunggu dulu !! Baca Juga ...

Upaya Penanggulangan Pencemaran Pestisida

Bagaimana cara untuk meningkatkan produksi pertanian disamping juga menjaga keseimbangan lingkungan agar tidak terjadi pencemaran ...

Tinggalkan Balasan

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.