Artikel

Cara Sederhana Test Madu Asli

Dari berbagai review sumber artikel terkait¬† ” Tingginya kadar air madu kita, disebabkan oleh tingkat kelembapan kawasan tropis yang juga sangat tinggi (sekitar 60% s.d. 80%). Beda dengan kawasan subtropis yang tingkat kelembapan udaranya sangat rendah (di bawah 50%). Tingginya kualitas madu Arab atau madu Sumbawa bukan hanya sekadar mitos, melainkan karena kawasan Timur Tengah dan NTB serta NTT memang sangat kering, sedangkan yang dituntut oleh dunia farmasi adalah madu dengan kadar air maksimal 18%. ” Sumber :¬† foragri.blogsome. com.

Oleh karena itu pengaruh antara kadar air madu dan keaslian madu ini yang terkadang masih seperti berkaitan, Apakah madu murni atau palsu ? Kami juga mereview dari berbagai situs dengan beberapa kemurnian madu yang di uji dengan berbagai rumor yang beredar.

Cara Sederhana Test Madu Asli

Banyak juga orang yang meyakini bahwa madu asli tidak diminati semut. Bagaimanapun, mau berasa manis, semut akan suka. Tak jarang orang mengaitkan madu asli dengan daya ledak jika tutup botol dibuka. Padahal, adanya gas justru menunjukkan madu tersebut memiliki kandungan air berlebih sehingga terjadi fermentasi.

” Cara membedakan madu asli atau palsu paling 100% akurat adalah tes laboratorium. Tapi ada beberapa tes sederhana yang bisa dijadikan acuan untuk dilakukan sendiri. Cara uji madu asli atau palsu paling sederhana yang tergolong mendekati akurat kebenarannya. Cara Uji / tes sederhana ini masih tergolong ampuh dan belum bisa ditembus oleh pemalsu madu.

Uji madu Asli dengan dipanaskan
Ambil madu dengan sendok logam, kemudian nyalakan lilin dibawah madu yang ada di sendok logam tersebut. Hasil:

  • Madu asli: madu akan berubah warna menjadi coklat pekat, buihnya akan meluber ke luar sendok (tumpah).
  • Madu Palsu: madu palsu akan berubah warna dan mengeluarkan buih tetapi buih madu palsu tidak sampai keluar dari sendok (tidak tumpah).

Uji madu Asli dengan Ikan
Rendam daging ikan segar dengan madu di dalam botol yang tertutup rapat. Diamkan selama 2 minggu. Hasilnya:

  • Madu asli: ikan akan menjadi kecil dan pucat tetapi tidak berbau
  • Madu Palsu: ikan berukuran tetap, warna berubah menjadi hitam dan aromanya busuk “

( Sumber : aslimadu. com ).

Show More

Related Articles

Permintaan Penawaran

Segera lakukan permintaan penawaran sekarang juga untuk mendapatkan harga khusus!

Nama Anda (wajib)

Email (wajib)

Nomor handphone (wajib)

Pesan Anda / Produk yang diminta

[recaptcha]

Tinggalkan Balasan

Close
Close