Home / Artikel / Bagaimana Alat Ukur Kadar Air Model Pin-type Bekerja ?

Bagaimana Alat Ukur Kadar Air Model Pin-type Bekerja ?

Tidak peduli seberapa efektif Anda bekerja untuk meletakkan lantai kayu, semua upaya Anda bisa sia-sia jika Anda tidak mempertimbangkan kadar air lantai ini. Untuk produk kayu, kadar air secara signifikan dapat mempengaruhi mesin, mengelem, finishing dan bahkan penampilan keseluruhan permukaan dan kekuatan. merupakan alasan mengapa installer lantai dan kontraktor harus memahami sifat-sifat yang mendasari kadar air dan bagaimana beberapa jenis meter di pasar dapat membantu proyek-proyek mereka.

Di sini, kita akan membahas mengapa mengukur kadar air penting, bagaimana pemilihan jenis kelembaban kadar air jenis pin, kerja dan praktik terbaik untuk menggunakan jenis moisture meter. Mengukur kadar air dalam proyek kayu merupakan hal penting untuk keselamatan dan umur pada struktur bangunan tersebut.

Mengapa harus mengukur kelembaban kadar air pada kayu?

Singkatnya, kadar air (% MC) membandingkan berat air dalam sepotong kayu terhadap berat oven-kering. Dalam dunia yang sempurna, semua pengujian kadar air akan diselesaikan oleh “test oven” di mana sepotong kayu ditimbang sebelum ditempatkan ke dalam oven pada 212 derajat Fahrenheit (100 C) selama sekitar 24 jam.

Namun, untuk bekerja profesional di situs pekerjaan, hal ini tidak mungkin. Dan ketidakmampuan ini telah menyebabkan munculnya moisture meter model pin.

Bagaimana Alat Ukur Kadar Air Model Pin-type Bekerja ?

Pin-jenis kelembaban kadar air fungsi dengan mengukur hambatan listrik antara dua elektroda. Ketika kelembaban hadir dalam kayu, listrik lebih mudah mengalir. Sebaliknya, kayu yang menjadi pengering akan menolak aliran listrik. Resistensi ini diukur dalam ohm dan kemudian dikonversi ke pembacaan dinyatakan sebagai konten% kelembaban. Bacaan diperoleh dengan memasukkan pin ke berbagai kedalaman atau daerah dari lantai dan sub-lantai.

Bagaimana-Cara-Mengukur-Kadar-Air-Kayu
Bagaimana Cara Mengukur Kadar-Air-Kayu

Salah satu keuntungan menggunakan pin-jenis moisture meter dengan pin kontak terisolasi adalah bahwa mereka menyediakan sarana terbaik untuk mengidentifikasi lokasi yang tepat dari kelembaban di daerah lantai atau oven pengeringan kayu. Hal ini karena pin yang hanya mampu membaca tingkat kelembaban di un-terisolasi kiat pin mereka. Dengan menguji pin ke lantai – dan bahkan sampai ke sub-lantai – ke kedalaman yang berbeda, tingkat kelembaban yang dibaca setiap tingkat penetrasi tertentu.

Sebuah alat ukur jenis populer di kalangan kontraktor, woodworkers, produsen furnitur, inspektur Quality Control dan pabrik kayu menengah adalah moisture meter model portable . Perangkat genggam digital tahan lama berhasil menjaga dengan kondisi kerja yang terus berubah.

Beberapa kondisi seperti ketebalan kayu, jenis kayu dan beberapa lapisan yang sangat sulit untuk menembus dengan pin kontak standar. Menggunakan Elektroda Slide Hammer seperti yang digambarkan di bawah ini memungkinkan penetrasi pin mudah di lantai kayu.

Cara Praktik Terbaik untuk Moisture Meter model Pin-Type

Dalam rangka untuk mendapatkan hasil yang paling akurat, berikut adalah beberapa trik untuk menyederhanakan proses:

  • Berbaris 2 pin dengan sumbu longitudinal dari kayu. Dengan kata lain, pin harus sejajar dengan serat kayu sebagai lawan terhadap itu.
  • Menggunakan jenis pin meter dengan pin terisolasi adalah yang paling efektif dalam menentukan gradien kelembaban (perbedaan antara shell dan inti kadar air).
  • Bila menggunakan pin non-terisolasi, pastikan permukaan kayu kering. Jika basah, Anda akan mendapatkan pembacaan kelembaban yang miring dengan kondisi permukaan.
  • Pilih pin-jenis moisture meter yang memiliki fitur kontrol sederhana dan tampilan yang mudah dibaca. Juga, memilih model yang dikalibrasi untuk Douglas Fir – spesies standar yang digunakan oleh industri ilmu kayu.

Jika Anda sedang menguji berbagai spesies, mencari meteran air yang telah built-in spesies koreksi untuk membuat pekerjaan Anda lebih mudah.

Untuk informasi lebih lanjut tentang memilih yang terbaik meteran air untuk kebutuhan lantai Anda, hubungi saya. Bondan Sdr ( 0852 9177 1888 ).

* Sumber : delmhorst. com

Eiit .. Tunggu dulu !! Baca Juga ...

Dampak Pestisida terhadap Lingkungan

Dampak Pestisida terhadap Lingkungan Residu pestisida yang larut terangkut bersama-sama butiran air keluar dari tanah ...

Tinggalkan Balasan

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.