Home / Artikel / Apa saja perbedaan gula merah gula kelapa dan gula aren ?

Apa saja perbedaan gula merah gula kelapa dan gula aren ?

Gula merah sangat terkenal dikalangan masyarakat Indonesia, karena gula ini selalu ada dalam kehidupan masyarakat sebagai contoh gula merah hampir selalu digunakan sebagai bumbu masakan khas Indonesia. Gula merah memiliki berbagai Varian jenis dan rasa, berdasarkan pohon penghasil niranya. Rasa manis dari gula merah juga ditentukan oleh kualitas dari air nira. Sebagian orang salah mengerti tentang rasa manis dari gula merah, rasa manis ini sering dianggap tidak baik bagi kesehatan manusia. Gula semut adalah gula merah berbentuk serbuk, beraroma khas, dan berwarna kuning kecoklatan. Proses pengolahan gula semut sama dengan pengolahan gula cetak, yaitu tahap pemanasan nira hingga menjadi kental.

Apa saja perbedaan gula merah gula kelapa dan gula aren ?

” Kita tahu bahwa gula aren berbeda dengan gula kelapa (sering disebut gula jawa atau gula merah) dalam hal :

  • Sumber nira Gula kelapa dibuat dari nira pohon kelapa, sedangkan gula aren dibuat dari nira pohon aren.
  • Komposisi kimianya Komposisi gula sederhana dan gula komplek antara gula aren dan gula kelapa sangat berbeda. Juga kandungan zat gizi dan non gizinya sangat berbeda.
  • Sifat fisiknya Salah satu sifat fisik yang mencolok perbedaannya adaah warnanya. Gula aren lebih gelap dibandingkan gula kelapa. Apalagi gula aren yang berasal dari Banten, relatif lebih gelap dibandingkan gula kelapa. Hal ini terkait dengan proses pemanenan nira aren dan pengoahannya.
  • Sifat organoleptiknya Satu-satunya keunggulan dari gula aren jika dibandingkan dengan gula kelapa adalah aromanya. Aroma gula aren sangat khas keharumannya sehingga digunakan dalam pembuatan beberapa minuman khas daerah seperti bandrek dll. Juga digunakan sebagai pemanis dalam pembuatan kopi. Namun dari sisi kesehatan, jauh lebih baik gula kelapa.
  • Indeks Glikemik. Glikemik indeks gula aren nilainya 70. Angka ini adalah 2x lebih besar dibandingkan nilai glikemik indeks gula kelapa yang niainya 35.

Beberapa sumber menyebutkan bahwa glikemik indeks gula aren nialinya 35, tetapi setelah kami telusuri ternyata mereka salah mengutip dari gula kelapa. Hal ini dapat membahayakan kesehatan bagi pelaku diet, apalagi bagi penderita diabetes. ( Sumber : www.sehatsetiaphari. com ) “

Eiit .. Tunggu dulu !! Baca Juga ...

Upaya Penanggulangan Pencemaran Pestisida

Bagaimana cara untuk meningkatkan produksi pertanian disamping juga menjaga keseimbangan lingkungan agar tidak terjadi pencemaran ...

Tinggalkan Balasan

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.